About

“Di Lamongan, sudah ada lima BUMdes yang mendirikan LA Mart, LA Mart milik BUMDes Bersama Kecamatan Sukodadi, Maduran, Mantup, Kalitengah dan yang baru saha resmikan di Pucuk,” kata Fadeli, saat meresmikan LA Mart milik BUMDes Bersama Unggul Mandiri Kecamatan Pucuk, di Desa Warukulon, Jumat, (24/8/2018).

Tidak hanya menginginkan keberadaan LA Mart semakin diperbanyak, Fadeli juga meminta, LA Mart juga dikelola secara profesional. “Produk yang dijual, 25 persennya adalah produk lokal. Tentu harus dikemas dengan baik dan kualitas produknya harus premium,” ujarnya.

Fadeli juga menyarankan, agar papan identitas usaha untuk LA Mart agar dibuat semenarik mungkin, dengan tulisan, warna, dan logo yang harus bercirikan Lamongan, serta ditempatkan di titik yang tepat agar mudah terlihat. Tak hanya itu, Ia juga meminta disediakan tempat duduk dan meja untuk pengendara.

“Contoh kecil, tadi malam saya dari arah Babat menuju Lamongan sambil coba mencari dimana LA Mart Pucuk, dan tidak ketemu, padahal lokasinya di pinggir jalan Nasional. Rupanya itu karena papan namanya yang tidak eye catching (terlihat),” katanya memberi contoh.

Ke depan, Fadeli menginginkan LA Mart masuk di bisnis uang elektronik (e-money) dan perniagaan elektronik (e-commerce). Untuk mencapai harapannya ini, Fadeli mempersilahkan LA Mart untuk bekerjasama dengan lembaga perbankan yang paling siap.

Berdirinya LA Mart ini, sambung Fadeli, merupakan wujud dari pengembangan BUMDes. Saat ini, dari total 462 yang ada di Kabupaten Lamongan, hampir seluruhnya sudah memilik BUMDes.

“Saya memberikan apresiasi kepada seluruh Kades dan Camat yang telah mendirikan BUMDes dan BUMdes Bersama,” katanya.

Fadeli berharap, melalui BUMDes inilah, sumber daya alam setempat bisa dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat. “Melalui BUMDes inilah, seluruh potensi di wilayah masing-masing bisa dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Alasan ingin mengembangkan LA Mart inilah, Fadeli membuat kebijakan tidak memberikan izin baru bagi pendirian toko ritel di Kabupaten Lamongan. “Saya ingin agar BUMDes membuat holding, mendirikan unit usaha sendiri,” tuturnya. (*